MENGENAL TAMPILAN LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL 2010




MENGENAL TAMPILAN LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL 2010




Berikut penjelasannnya berdasarkan warna:
  1. BIRU PANJANG : Title Bar (lajur judul) tercantum nama file dan nama program, yaitu nama dokumen atau file yang sedang diproses dan nama aplikasi yaitu Microsoft Excel. Pada awalnya, Excel memberi nama Book1 pada file tersebut, namun kita dapat mengubahnya ke nama lain dengan save atau save as
  2. BIRU PENDEK : Quick Access Toolbar merupakan toolbar yang memiliki keistimewaan khusus dan terletak di bagian sudut kanan atas lembar kerja. Isi tombol-tombol perintah dalam toolbar ini dapat dimodifikasi, sehingga kita dapat menambahkan beberapa tombolperintah yang sering digunakan dalam toolbar ini.
  3. MERAH : Tab Menu merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah yang relevan.
  4. UNGU : Grup merupakan bagian yang terletak di bawah tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol-tombol perintah tersebut.
  5. HIJAU : kumpulan tombol perintah pada Microsoft excel yang dikelompokan dalam bentuk tab berdasarkan kategori kemiripan fungsi-fungsinya. Mulai dari tab home, Insert, Page layout, formula, Data, Review serta tab-tab lain
  6. HITAM : Tombol Kotak Dialog merupakan tombol dengan simbol anak panah yang di bagian kanan nama. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah-perintah yang lebih kompleks dan masing-masing disesuaikan dengan nama toolbarnya.
  7. BIRU MUDA : Formula Bar digunakan untuk menampilkan informasi isi sel yang aktif di lembar kerja, untuk memasukkan dan mengubah formula/rumus.
  8. KUNING : Name Box berfungsi untuk memasukkan alamat sel atau nama dari range yang menunjukkan pada suatu tempat tertentu di lembar kerja. Pemberian nama pada suatu sel atau range tertentu di lembar kerja akan memudahkan dalam operasi matematika atau pembacaan suatu tabel.
  9. HIJAU TUA : File menu merupakan pengganti Office Button yang sering dijumpai dalam Microsoft Excel versi sebelumnya. Tombol ini berisi perintah-perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka dokumen, menutup dokumen, menyimpan dan mencetak dokumen.


Berikut penjelasannnya berdasarkan warna:
  1. HITAM : Sel aktif menunjukan sel yang sedang digunakan
  2. HIJAU : Scrollbar Vertikal dan Horizontal digunakan untuk menggulung layar secara vertical dan horizontal.
  3. BIRU : Zoom level merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja
  4. KUNING : Tombol pengatur tampilan lembar kerja merupakan bagian yang berisi sederetan tombol perintah untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
  5. BIRU LANGIT : Tabulasi sheet merupakan lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang digunakan untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
  6. UNGU : Navigasi sheet merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antar sheet aktif.

Sedangkan untuk elemen-elemen pada Microsoft excel 2007, dapat melihat video berikut ini:


Sekian, semoga dapat membantu, untuk selanjutnya kami menunggu kritik, saran, komentarmya.

Comments

Popular posts from this blog